Share |

Suzuki Grand Vitara

Add comments

ilustrasi

Pergi ke pantai memang cocoknya menggunakan mobil Sport Utility Vehicle (SUV), selain karena desainnya yang sporty, juga ketahanannya terhadap segala medan.

Karena itulah, detikOto memilih Suzuki Grand Vitara 2.4 untuk meluncur ke pantai Anyer beberapa waktu lalu.

Dari segi desain, siapa yang meragukan Grand Vitara? Bentuknya yang didominasi garis tegas memberikan nuansa sporti yang gagah, terlebih dengan laburan warna putih mutiaranya, membuat tampilan menjadi ciamik.

Meski hanya berkapasitas 5 penumpang, tapi semua barang terangkut di bagasi belakang dan jok yang dibalut kulit sangat memanjakan para penumpang.

Pukul 22.00 WIB, dengan 5 orang penumpang plus barang bawaan, detikOto berangkat via tol Jakarta-Merak, yang ternyata masih saja padat dan didominasi oleh truk.

Namun, akselerasi Grand Vitara cukup mumpuni untuk diajak bermanuver melewati satu persatu truk yang menghadang, baik di lajur kiri maupun kanan jalan.

Meski agak sedikit lambat, namun jarum speedometer beberapa kali menunjuk angka 160 km/jam, dan belum ada sedikit pun gejala limbung.

Suspensi rigid Grand Vitara memang cukup memberikan kelebihan, terutama saat melintasi jalan bergelombang dan berlubang.

Begitu pula dengan pencahayaannya, di jalan tol Jakarta-Merak yang sangat minim pencahayaan tersebut, lampu berteknologi HID nya, meskipun berwarna putih neon, namun mumpuni untuk memberikan penerangan, sehingga pengemudi cukup nyaman dan percaya diri untuk berakselarasi.

Selain itu, mesin VVT 2.400 cc nya rata-rata menenggak 1 liter bensin untuk jarak 8,5 km. Dengan muatan 5 penumpang plus barang, ukuran itu bisa dibilang cukup irit untuk mobil sekelas SUV di atas 2.000 cc.

Sayangnya, sampai di Anyer, mobil tidak bisa diajak berjalan-jalan menyusuri pasir pantai, namun dari segi tampilan, Grand Vitara ternyata cukup fotogenik ketika diajak berfoto dengan latar pantai Anyer.

Varian SUV milik Suzuki yang dibanderol seharga Rp 314-325 juta On The Road ini, rasanya bisa diandalkan sebagai pilihan bagi keluarga muda untuk berlibur melintasi segala medan.



MOBIL, Uncategorized July 13th 2009

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.