Share |

Hulme CanAm, Supercar dari Selandia Baru

Add comments

Selandia Baru tidak punya pabrik mobil, tapi jika tak ada Mecca yang banyak berpartisipasi melalui arena motorsport, negeri itu tak akan dikenal. Kini, Hulme – sebuah perusahaan yang diambil namanya dari mantan pebalap F1 asal negeri itu, Denny Hulme – lagi mengembangkan supercar bercita-rasa F1.

Jadi pengendara ketika mengemudikan mobil ini mendapatkan pengalaman yang sangat dekat dengan F1. Selain bentuknya, supercar itu hanya dihuni oleh satu orang, yakni sang pengendara. Dan proyek supercar Hulme ini ditargetkan selama lima tahun dan sekarang sudah masuk dalam tahap pengujian.

Didanai oleh Jock Freemantle, seorang pengusaha kaya yang punya ketertarikan sama otomotif, Hulme terus dalam pengembangan sampai mendapatkan hasil yang sempurna. Dalam proyek ini, Hulme dibangun dalam tiga model, termasuk di antaranya varian ‘CanAm’ yang ekstrem untuk menghormati Denny Hulme yang pernah memenangi dua kali CanAm Championship.

Ketika gambarnya ditampilkan di webside MotorAuthority, mobil tersebut mengusung mesin GM’s LS7 V8 dan dilengkapi superchager. Tak heran, kendaraan dengan bobot 1.000 kg ini diklaim punya tenaga mendekati 600 hp (448 kW).

Dua model lainnya, yakni Hulme Spyder dan Hulme F1. Untuk model ini, Hulme lagi memilih pakai mesin apa dan manajemen sudah melakukan pembicaraan dengan sejumlah pabrikan. Termasuk dengan dua pemasok mesin ke F1.

Untuk Hulme Spyder diharapkan pengembangannya tuntas 2010. Saat diperkenalkan nanti, pemakaian sasisnya difokuskan sama dengan Hulme CanAM, termasuk juga model kaca dan penghapus kacanya. Dan perusahaan belum bersedia menerima order sampai pengembangan mobil tersebut dinyatakan sempurna.

Termasuk Hulme F1 yang ternyata akan dibuatkan sebagai kendaraan dengan dua tempat duduk, mendekati mobil umumnya di jalan raya. Dalam proyek pengembangan ketiga model. Hulme bergandengan sama IPO dengan investasi sebesar US$1,3 miliar sampai US$4,8 miliar.

Soal harga, Freemantle mengistimasikan untuk Hulme CanAm sekitar US$390.000. Ditargetkan paling cepat 2010 sudah dilempar ke pasaran.



MOBIL July 24th 2009

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.