Share |

Versi Murah Superbike Aprilia

Add comments

Aprilia akhirnya meluncurkan RSV4R terbaru yang merupakan versi murah dari Aprilia RSV4 Factory yang sebelumnya telah ada lebih dulu.

Seperti dikutip dari Topspeed, Senin (28/9/2009), prosesi peluncuran dilakukan oleh pembalap Superbike (SBK) Aprilia, Max Biaggi di sirkuit World Superbike Championship Imola, Italia.

Meski merupakan versi rendah dari RSV4, namun RSV4R masih sanggup menyemburkan daya sebesar 180 bhp pada 12.500 rpm dan torsi 85 lb-ft pada 10.000 rpm. Ini mungkin akibat RSV4R masih menggunakan struktur mesin yang sama dengan versi RSV4 Factory.

Mesin berkapasitas 999 cc V4 dual injector pada tiap silindernya, serupa masih tetap digunakan Aprilia SBK. Pun demikian dengan rangka dan lengan ayun yang yang dipilih keluaran Showa bukan Ohlin, namun dijamin agar kestabilan motor tetap mumpuni ditiap kondisi trek.

Demi menekan harga jual, Aprilia mengganti beberapa bagian dengan bahan lain. Seperti beberapa bagian body yang menggunakan serat karbon, diganti plastik, juga pelek yang aslinya berbahan magnesium kini menggunakan aluminium.

Akibatnya, motor yang hadir dengan hanya pilihan warna hitam dan putih ini lebih berat sekira 5 kg dari versi sebelumnya. Meski belum mengungkapkan berapa harga resmi Aprilia RSV4 versi jalan raya ini, namun kabarnya, motor sport ber DNA SBK tersebut dilepas lebih murah dari RSV4 Factory.



MOTOR September 29th 2009

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.