Share |

Truk Tercepat di Dunia

Add comments

Gambar
Ovebrink (Moto Bullet)
Rekor kecepatan darat biasanya dicetak oleh mobil sport eksotis, seperti Ferrari ataupun Bugatti, yang tidak memiliki masalah untuk menembus catatan 300 km per jam.

Pada kesempatan pemecahan rekor terakhir, ternyata sebuah truk yang
melakukannya. Padahal, dengan bodi bongsor, truk identik dengan torsi, bukan kecepatan.

Namun, Boije Ovebrink merayakan hari ulang tahunnya ke-59 dengan memecahkan rekor kecepatan darat dengan menggunakan traktor-trailer truk Volvo.

Bandara Hultsfred di Swedia menjadi lokasi pemecahan rekor kecepatan darat
tersebut, dengan catatan rata-rata 250 km per jam, seperti dilansir Moto Bullet, Selasa (6/7/2010).

Angka tersebut diraih dengan mempertimbangkan akselarasi truk yang lambat karena bobotnya, sehingga dari beberapa kali percobaan, diambil rata-rata yang tercepat catatan waktunya.

Hasilnya, jarak 500 meter bisa ditempuh dengan kecepatan 130 km per jam, serta kecepatan 167 km per jam bisa diraih untuk keseluruhan km yang ditargetkan, dengan catatan waktu tercepat 250 km per jam.

Kecepatan 250 km per jam mungkin hal biasa untuk sebuah mobil sport eksotis, tapi untuk sebuah truk, itu sungguh sebuah pencapaian yang fantastis.

Truk Volvo milik Ovebrink merupakan versi yang disempurnakan dari D16 diesel Volvo berkapasitas mesin 16 liter, dengan tenaga mencapai 2.000 hp dengan torsi 3.687 lb-ft.

Bagaimana tidak, bisakah Anda membayangkan sebuah truk berlari secepat itu? Bisa dipastikan rasa kagum sekaligus ngeri sepertinya bisa sekaligus kita rasakan.

Senior Vice President, Corporate Communications at Volvo Trucks, Tommy Kohle, bahkan sampai angkat komentar mengenai capaian tersebut.

“Truk tersebut adalah tingkatan tertinggi yang sangat didasarkan pada komponen Volvo asli, yang dengan jelas menunjukkan dibangun pada kekuatan dan kualitas produk kami,” ujarnya.



MOBIL, OTO NEWS July 7th 2010

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.