Share |

Mudik Pakai City Car? Siapa Takut

Add comments

Gambar

Mudik menggunakan mobil bertipe MPV atau SUV pastinya tidak ada masalah, tenaga besar, muat pun besar. Tapi bagaimana kalau sehari-sehari kita menggunakan city car yang imut, tapi ingin mudik?

Kenapa tidak mudik pakai city car. Toh, mobil imut ini tidak hanya jago membelah kemacetan kok. Diajak jalan jauh juga tetap nyaman dan aman, asalkan mengikuti beberapa tips berikut.

Service Support & Development Manager PT KIA Mobil Indonesia, Ari Tjahyo Soeharto coba memberikan tips bila anda ingin mudik menggunakan mobil imut atau city car.

“Perawatan berkala sebelum mudik, wajib hukumnya, itu tidak hanya untuk city car saja, tapi semua mobil,” ujarnya kepada detikOto, Kamis (2/9/2010).

Bagian-bagian mobil seperti ban, rem, kopling, lampu-lampu, oli dan radiator harus kita cek kondisinya sebelum mudik. “Bakal lebih baik dan praktis bila membawanya ke bengkel resmi,” tambahnya.

Tapi, bagaimana kalau mau membawa barang banyak? “Bisa saja, kalau bagasi sudah tidak muat, bisa ditaruh di atap mobil kok,” kata Ari.

Akan tetapi, bakal lebih baik kalau menggunakan roof rack, sehingga selain lebih aman, juga tidak akan melukai permukaan atap mobil bila bergesekan dengan barang bawaan kita.

“Lihat juga berapa kapasitas daya angkut dari roof rack nya, jangan melebihi kapasitas yang disarankan, nanti bisa mempengaruhi handling mobil,” ungkap Ari.

Selain itu, tambahnya, usahakan menaruh barang bawaan di atap pada bagian tengah, atau sedekat mungking dengan pilar B pada mobil imut Anda.

“Jadi jangan terlalu depan atau terlalu belakang, tapi di tengah-tengah, supaya center gravity mobil tidak terganggu, yang bisa menyebabkan handling kurang baik,” tambahnya.

Nah, meskipun mobil imut, tapi tetap bisa diajak mudik juga kan? Selamat mencoba!



OTO NEWS, TIPS N TRICK September 2nd 2010

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.