Share |

Awas, Flu Menyerang Motor Anda!

Add comments

Hujan mulai rajin turun! Tentu hal itu juga berdampak pada motor kesayangan. Sebab, bakal lebih sering diajak bermain air dari langit itu. Nah untuk itu, perlu dilakukan langkah khusus pada komponen yang rawan terkena air.

Apa aja sih? “Utamanya sektor kabel bodi, mika spidometer, reflector lampu dan boks filter karburator,” urai Ipung, mekanik Ipung Motor Speed (IMS) di daerah Kampung Dukuh, Jaksel.

Trus, gimana dong? Tenang! “Hanya perlu beberapa langkah mudah, dijamin motor gak gampang terserang flu,” tambahnya. Oke langsung aja ya! Berikut langkah penanganannya!

Kabel Bodi

Untuk pembesut tunggangan bergenre sport, harus lebih cermat dengan kabel-kabel bodi karena risiko terkena air dan korslet lebih besar dari bebek atau skutik. “Maklum, motor sport minim cover bodi,” sahut mekanik ramah ini.

Perhatikan kabel bodi yang telanjang dan kabel yang masuk ke soket-soket. Sebab, kalau kulit kabel tak menyelimuti peranti itu secara utuh, dapat menyebabkan korsleting. “Efeknya banyak, mulai dari mesin mbrebet, lampu ogah menyala sampai mesin mati total!” wanti Ipung.

Atasinya gampang! Lapisi seluruh soket-soket dan kabel yang terbuka memanfaatkan isolasi hitam (gbr.1). Oh iya, selain itu perhatikan juga bagian cop busi. Kalau bagian itu gak kuat menutup bagian busi, bisa bikin motor ngadat. Atasinya, berikan lem sealent pada bagian cop busi yang bersentuhan langsung dengan busi (gbr.2).

benahikomponenrawanair01-arseenGbr 1 benahikomponenrawanair02-arseenGbr 2
benahikomponenrawanair03-arseenGbr 3 benahikomponenrawanair04-arseenGbr 4

Mika Spidometer & Reflektor Lampu

Jangan anggap remeh bagian ini, sebab bagian mika yang gak rapat dapat menimbulkan embun dan mengganggu penglihatan. “Paling parah di bagian reflector lampu. Sebab kalau sampai ada air yang menyelinap, hal itu bisa bikin reflector jadi kusam dan menimbulkan jamur yang akhirnya bikin lampu jadi gak terang,” tambah Ipung.

Nah biar itu tak terjadi, tutup bagian sambungan mika (gbr.3) reflector yang retak atau terbuka pakai sealent. Selain untuk mencegah air masuk, hal itu juga bisa meminimalisir bunyi getaran yang dihasilkan mika lampu dan spidometer.

Filter Karburator

Sebagai penyaring udara yang masuk ke karburator. Nah kebayang gak kalo udara itu bercampur air? Kenapa bisa begitu? Nah prinsipnya hampir sama dengan mika reflector mengingat hampir semua boks filter terbelah dalam dua bagian.

Nah sebenarnya pada salah satu bagian boks filter itu dilengkapi semacam paking karet. Kalau peranti itu sudah getas atau rusak, air dan debu sangat berpotensi nyelinap ke dalam boks filter.

Mengatasinya, tambahkan seal­ent pada kedua sisi permukaan boks filter yang saling bersentuhan (gbr.4) secukupnya! Selain itu, bila boks filter retak atau pecah juga bahaya! “Baiknya bagian yang pecah ditambal lem plastik seperti Dextone,” tutup Ipung. •

sumber : otomotif.net



TIPS N TRICK September 27th 2010

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.