Share |

Mobil Drifting Gila Bermesin Diesel

Add comments

Foto: Ist
FINLANDIA- Siapa bilang mobil bermesin diesel tidak bisa dipakai untuk drifting? Buktinya, pembalap drift Finlandia, Teemu Peltola membangun mobil drift Mercedes station wagon 1981 bertenaga diesel.

Ketika kita melihat video Peltola melakukan aksi driftnya dengan sebuah Mercedes-Benz station wagon, tentu tidak akan menyangka mobil yang dapat meliuk lincah itu bertenaga diesel.

Yang menjadi pertanyaan mungkin adanya asap hitam khas diesel yang kadang keluar lubang knalpot dan ikut berpadu dengan asap dari ban yang terbakar. Pria Finlandia itu sendiri dikabarkan adalah seorang maniak Mercedes Benz.

2009 adalah tahun pertama Peltola melakukan balap di Extreme Drift Challenge dan ia memenangkan kelasnya. Dalam tahun kedua, ia menuju kelas Pro dan memutuskan ia membutuhkan sebuah mobil baru.

“Pertama-tama, saya berpikir untuk membangun Supra IV dengan mesin diesel Mercedes, tapi aku tidak ingin melakukan itu karena hampir setiap orang  mengemudikan mobil Jepang, tentu saja akan lebih mudah untuk membangun sebuah mobil Jepang karena Anda bisa mendapatkan lebih part aftermarket,” tutur Peltola.

Akhirnya dia bertekad untuk tetap membangun W123 wagon. Daripada menggunakan mesin diesel 3.0-liter asli bawaan mobil yang buatan tahun 1981, Peltola akhirnya mengambil mesin diesel 24-valve 3.0-liter dari Mercedes E class buatan 1998.

Lalu dia membuat intake manifold baru, memasang turbo dengan ukuran jauh lebih besar yakni Garrett GT40 turbo dari sebuah heavy truk Scania.

Turbo tersebut mampu mendorong udara 36 PSI, lalu dipasang pompa diesel baru dan intercooler buatan. Sebuah bel housing adaptor dibuat untuk bisa cocok dengan Tremec TKO 600 transmisi ke mesin dan mengalirkan tenaga ke as roda belakang Mercedes. Suspensi belakang sendiri berasal dari Mazda RX8 yang sudah dimodifikasi dengan coil overs.

Mesin tersebut kemungkinan mengeluarkan tenaga sebesar 450Hp dan torsi 750Nm. Tapi Peltola nampaknya belum puas, karena punya rencana untuk membangun dengan dua turbos agar mendapatkan tenaga lebih. “Saya berharap untuk mendapatkan tenaga 500HP dan torsi 850nm,” ujar Peltola.

Sejauh ini Peltola sudah bersaing kuat di kelas Pro, dan dia sudah mendapatkan 3 penghargaan, di Trophy Drifting X-treme Pro. Salut!



MOBIL, MODIFIKASI September 27th 2010

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.