Share |

BMW Luncurkan X5 Variasi Baru

Add comments

Selain sedan mewah, BMW di Indonesia juga fokus memasarkan sport activity vehicle premium. Buktinya setelah beberapa waktu lalu mengeluarkan BMW X1, kini BMW perkenalkan X5 terbaru di Indonesia.

BMW X5 hadir dalam sebuah peluncuran di Uluwatu, Bali dengan mengusung mesin diesel untuk melengkapi barisan varian mesin bensinnya yang sudah ada.

Ada tiga model X5 yakni BMW X5 xDrive50i, X5 xDrive35i Executive dan  X5 xDrive30d yang kini tersedia di seluruh diler resmi BMW.

“BMW X5 merupakan mobil SAV yang fleksibel dan lincah yang sudah popular sejak pertama kali diluncurkan 2001 silam di Indonesia,” ungkap Presiden Direktur PT BMW Indonesia Ramesh Divyanathan dalam rilis yang detikOto terima, Minggu (3/10/2010).

“Sejauh ini sudah 879 unit X5 terserap pasar sejak pemunculan pertamanya,” tambahnya.

BMW X5 terbaru kini hadir dengan perubahan desain yang selektif untuk menjadikannya lebih sporty, transmisi Steptronic otomatis 8 percepatan dan dapur pacu terbaru, yang  mengkombinasikan kenikmatan berkendara dengan efisiensi konsumsi bahan bakar pada tingkat yang tertinggi.

Selain itu BMW X5 terbaru dikatakan Ramesh juga memiliki side air intake lebih besar di bagian depan serta desain baru pada bagian depan dan belakang dengan permukaan body paint yang lebih luas.

Modelnya secara keseluruhan tampak sporty, ditopang dengan sentuhan desain  baru pada bemper belakang serta bagian di sekitar knalpot.

Lingkar korona lampu depan kini dilengkapi dengan LED daytime running lights dan bi-xenon yang membuat mobil ini mudah dikenali di jalan. Sementara lampu belakang berbentuk L mengalami perubahan desain, juga dilengkapi dengan lampu LED horizontal.

Sedangkan untuk interiornya, BMW X5 hadir dengan ruang yang lega, dan modern. Semua modelnya sudah dilengkapi dengan panoramic glass roof. Rear view camera dengan pandangan dari atas juga melengkapi model X5 xDrive50i.

BMW X5 dapat mengakomodasi lima penumpang, kecuali BMW xDrive50i yang dilengkapi dengan tempat duduk baris ketiga sehingga meningkatkan fleksibilitas untuk mengakomodasi hingga 7 penumpang.

BMW X5 xDrive50i juga menawarkan Adaptive Drive untuk meminimalisasi body roll dan meningkatkan kenyamanan mengemudi.

Untuk dapur pacunya, BMW X5 xDrive50i hadir dengan mesin V8 berkapasitas 4.4 liter yang dilengkapi BMW TwinPower Turbo serta High Precision Injection yang sanggup menghasilkan tenaga 407 dk pada putaran mesin 5.500 rpm serta torsi maksimum 600 Nm pada putaran mesin 1.750 rpm.

Dengan tenaga ini, BMW X5 xDrive50i mampu melaju dari posisi diam hingga mencapai kecepatan 100 km/jam hanya dalam 5,5 detik.

Sedangkan rata-rata konsumsi bahan bakarnya 12,5 liter/100 km dan emisi gas karbondioksida 292 gram/km.

Varian mesin bensin lainnya adalah BMW X5 xDrive35i Executive, yang untuk pertama kali mengusung mesin enam silinder berkapasitas 3 liter yang ditopang dengan teknologi BMW TwinPower Turbo, High Precision Injection, serta Valvetronic.

Mesin ini sanggup menghasilkan tenaga 306 dk pada putaran mesin 5.800 rpm dengan torsi maksimum 400 Nm pada putaran mesin 1.200 rpm dan mampu membuat mobil melesat dari posisi diam sampai mencapai kecepatan 100 km/jam hanya dalam waktu 6,8 detik. Rata-rata konsumsi bahan bakarnya hanya 10,1 liter/100 km, serta tingkat emisi gas CO2 236 g/km.

Sementara BMW X5 xDrive30d terbaru mengusung mesin enam silinder dengan konstruksi aluminium, teknologi Common Rail dengan piezo injectors serta turbocharger. Dapur pacu ini mampu menghasilkan tenaga maksimum 245 dk pada putaran mesin 4.000 rpm serta torsi besar 540 Nm pada putaran mesin 1.750  rpm.

Dengan itu semua BMW baru X5 xDrive30d sanggup melesat dari sposisi diam dan mencapai 100 km/jam hanya dalam 7.6 detik.  Sedangkan konsumsi bahan bakarnya hanya 7,4 l/100 km, dengan emisi gas CO2 195 g/km.

Tidak hanya itu, BMW ternyata juga masih melengkapi model-model terbarunya ini dengan teknologi BMW EfficientDynamics,  yaitu Brake Energy Regeneration, konstruksi intelligent lightweight, ban dengan teknologi reduced rolling resistance, serta aerodinamika optimal.

Semua model BMW X5 baru ini juga memiliki sistem penggerak empat roda permanen dengan pengontrol torsi antara gardan depan dan belakang yang dikendalikan secara elektronis.

Perangkat tersebut memungkinkan BMW X5 terbaru memiliki traksi super cerdas dan bertenaga, yang tak hanya bermanfaat melibas jalanan off-road, melainkan juga sangat membantu dalam menjaga performa ketika melaju di jalanan aspal.

Sistem penggerak empat roda yang cerdas tadi menggunakan sebuah transfer box serta kopling muti-disc yang dikendalikan secara elektronis dan secara terus-menerus mensuplai tenaga bagi gardan mana saja yang pada saat itu memiliki posisi paling bagus di atas pemukaan jalan.

Ini berarti bahwa xDrive memberikan stabilitas berkendara pada saat kendaraan melaju di tikungan dalam kecepatan tinggi. Pasalnya, xDrive mampu mengantisipasi setiap gejala oversteer secara efektif meredamnya sesegera mungkin.

Sedangkan ketika dalam kondisi melaju normal, BMW xDrive bekerja dengan cara membagi tenaga menuju gardan depan dan gardan belakang sekaligus, dengan perbandingan 40:60.

Pada saat yang sama, sensor terus bekerja untuk mengamati kemungkinan ban selip. Dan begitu terdeteksi ban selip akibat permukaan jalan yang tak rata, misalnya, maka xDrive hanya dalam waktu satu detik akan segera mengoreksi distribusi tanaga mesin menuju kedua gardan agar mobil tetap melaju seimbang.

Itu tadi baru keunggulan BMW X5 secara teknis. Sementara untuk urusan BMW X5 entertainment, X5 memberi yang terbaik di kelasnya.

BMW X5 xDrive50i dilengkapi HiFi system Professional dengan 16 loudspeaker dan amplifier 600W dengan surround kualitas tinggi, monitor berwarna dengan fungsi televisi ukuran 8 inci, entertainment untuk penumpang belakang dengan DVD player dan layar lipat ukuran 8 inci, serta USB Audio dan Bluetooth interface.

Sementara BMW X5 xDrive35i Executive dilengkapi sistem HiFi system dengan 12 loudspeaker dan amplifier 205 W, monitor warna 8 inci dengan fungsi televisi, entertainment untuk penumpang belakang dengan DVD dengan layar lipat ukuran 8 inci serta USB Audio interface.

Dan BMW X5 xDrive30d hadir dengan sistem HiFi  dengan 12 loudspeaker serta power amplifier 205 W,  layar monitor warna ukuran 6.5 inci, dan USB Audio interface.

Fitur standar lain yang terdapat di mobil-mobil anyar BMW ini termasuk alloy wheel ukuran 18 inci untuk X5 xDrive35i dan X5 xDrive30d serta ukuran 19 inci untuk X5 xDrive50i dengan run flat tires yang memungkinkan mobil ini melanjutkan perjalanan walau ban dalam keadaan tanpa tekanan sama sekali.



MOBIL, OTO NEWS October 4th 2010

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.