Share |

Tips Modifikasi Upgrade Performa Honda CS1 level 1

Add comments

Honda CS1 dari standard-nya sudah di design untuk hi-speed performance engine.. Dengan power 12,8Hp dan torsi 10,2 N.m serta perbandingan kompresi 10,7 : 1 sudah mampu membuat anda berkebut ria di jalanan perkotaan, namun bagi anda yang merasa belum cukup, berikut beberapa tips modifikasi tentang apa saja yg perlu dimaksimalkan biar CS1 kesayangan semakin kencang.

Honda_CS1

Sebenarnya trik ini sudah pernah dimuat di tabloid otoplus saat Honda CS1 baru di launching tahun 2008 lalu, namun saya akan share lagi di sini.

Modifikasi performa Honda CS1 ini saya beri nama Up grade standar level 1.  Ini adalah upgrade performa paling murah dan ekonomis tapi hasilnya cukup mumpuni untuk motor yang dipakai harian.

Pertama yang harus diperbaiki paling awal adalah power motor. Cara termudah adalah dengan upgrade perbandingan kompresi motor CS1 kamu.  Cukup bubut silinder head sebesar 0,5mm saja.  Ini saja sudah menaikkan perbandingan kompresi menjadi 11,4 : 1.  Lumayan cukup kan bagi motor yang dipakai sehari-hari.  Asal kita tahu, dengan menaikkan perbandingan kompresi akan menaikkan power mesin.

Kedua.  Perbandingan 11,4 : 1 tersebut jangan pake’ premium yah. Haram ;)
Minimal pertamax, syukur2 bisa minum Pertamax plus dengan oktan 95.

Ketiga. Setel celah katub dengan ukuran yang spesial.
Untuk celah katub in : 0,5mm dan celah katub ex : 0,20mm.

Keempat.  Untuk hasil maksimal, jangan pake oli pelumas dengan level buruk, minimal Api Service SJ.  Lebih di utamakan SL.  SAE cukup 20w50 saja.

Kelima.  Perbaiki sistem transfer power, yaitu pada sistem kopling.  Ganti per kopling dengan per kopling type racing, saat itu saya memakai per kopling “hku racing”.  Dengan per kopling racing ini, proses transfer power lebih terasa.

Terakhir, jangan lupa untuk setel kerenggangan rantai roda.  Hal yang sepele ini sering diabaikan.  Rantai roda yang kendor bisa mengurangi power hingga 0,5Hp.



MODIFIKASI, MOTOR October 29th 2010

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.