Share |

BamBoo, Fantasi Nostalgia dengan Briggite Bardot

Add comments

Kendati Salon Automobile de Genève 2011, diselenggarakan awal Maret  (3-13 ) tahun depan, rumah desain Swiss yang suka menciptakan mobil “funky”,  Rinspeed,  kembali menghadirkan konsep yang unik. Kali ini namanya, pasti akrab dengan telingga kita kendati ditulis dengan cara berbeda, yaitu “BamBoo”. Sebenarnya ini bukan pertama kali, sebuah mobil konsep diberi nama Bamboo. Pada awal 1990-an, Bertone dari Italia juga pernah memberi nama mobil konsepnya dengan “Bamboo”.

Untuk nama “BamBoo” kali ini, pendiri dan pemilik Rinspeed, Frank M. Renderknecht  asal Swiss – mengaku sebagai visioner mobil - konsep terbaru ini membawanya  kembali ke “Akar Mobil yang Asli”. Karena itu, bagi Rinspeed, sebuah nama sering punya arti lebih dalam. “Begitu juga dengan kreasi terbaru  ini. BamBoo,” jelas Rinspeed. BamBoo adalah “bayi” terbaru yang dilahir dari mobil golf.

Noment est omen. Ya, nama adalah tanda, menjelaskan segalanya,”  lanjut Rinspeed.  “BamBoo menjelaskan mobil konsep ini komponennya  dibuat dari bambu. Namun  bukan bambu yang diimpor dari Indonesia, China atau Jepang. Pastinya, interior dibuat dari serat bambu.

Nostalgia -1970-an
“BamBoo”,  mobil  konsep untuk  empat penumpang. Atap dari kanvas yang bisa dibuka. Alasan Rinspeed memilih model seperti ini, merupakan fantasi nostalgia. Dibayangkan, mobil  ini digunakan saat musim panas di pantai pada era 1970-an.

Tepatnya lagi, BamBoo digunakan bersantai di pantai St Tropez, di selatan Perancis. Dengan mobil ini, sang kreator, Frank M. Renderknecht – lahir 24 Nomvember 1955  – bisa mengajak berkencan si seksi  waktu itu, Briggite Bardot. Bisa juga bersama  playboy Gunter Sachs  ke pantai Tahiti membawa cewek-cewek seksi.

Karena itu, Rinderknecht membuat desain retro sederhana. Kreasi yang dinilai baru pada  mobil ini adalah,  motor listrik. Ya, mobil listrik. dengan begitu, untuk   menjalankannya cukup dengan menekan tombol . “Tak ada kerumitan,” tegas Frank.



MOBIL, OTO NEWS December 2nd 2010

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.