Share |

Trend Modifikasi 2011, Street Racing atau Elegan Bergaya JDM dan VIP Style

Add comments

Mengubah gaya dandanan mobil alias gaya modifikasi tak berbeda jauh dengan kecenderungan di bidang fashion. Kondisi sosial ekonomi, budaya, serta teknologi yang tengah berkembang di masyarakat turut memengaruhinya.

Namun, konsep dan aliran yang diusung tak pernah berubah atau berbeda. “Kalau pun berbeda, hanya tambahan aksesoris atau komponen yang digunakan berbeda karena teknologinya juga berbeda,” tutur Deni Raden, modifikator ArtAuto, Kosambi, Jakarta Barat, Kamis (16/12).

Melihat perkembangan beberapa aspek tersebut, Deni memperkirakan konsep modifikasi street racing dan elegan untuk mobil harian pada 2011 mendatang akan banyak mengusung aliran Japan Domestic Market (JDM) dan aliran VIP Style. JDM adalah aliran modifikasi yang menggunakan komponen-komponen asli dari Jepang bukan replika atau tiruan.

Sedangkan VIP Style merupakan satu aliran yang bersifat minimalis namun elegan. Ciri khas aliran ini adalah tampilan eksterior yang tidak terlalu ekstrem, bodi kit simpel, muffler oval, menggunakan air suspension, pelek berukuran besar berukuran lebar dan bagian interior ditata bersih dan rapi.

“Orang memilih JDM karena proses pengerjaannya tidak ribet, tampilan mobil juga enak dipandang. Begitu pula dengan VIP Syle,” terang Deni.

Kedua aliran tersebut akan digunakan para pecinta modifikasi berkonsep street racing dan elegan untuk mobil harian mereka. Alasan orang untuk memilih gaya street racing karena saat ini hampir semua pabrikan mobil mengkaim mobil besutannya bergaya sporty

.

“Padahal, kalau diamati nuansa sporty itu yang ditonjolkan masih tanggung, tidak kuat mengesankan mobil sport. Pada satu sisi, konsumen mobil saat ini adalah kalangan usia muda perkotaan yang mapan,” papar Deni.

Ihwal penggunaan komponen asli buatan Jepang atau asli produksi pabrikan mobil yang bersangkutan, Deni menyebut hal itu dikarenakan daya beli masyarakat yang menguat. Kondisi perekonomian nasional yang stabil dalam tiga tahun terakhir tidak menyebabkan adanya depresiasi atau penurunan mata uang rupiah.

Meski nilai mata uang yen menguat terhadap dolar, namun nilai tukarnya terhadap rupiah relatif stabil. Sehingga harga komponen asli cukup terjangkau. Lantas dandanan seperti apa yang akan menjadi tren gaya modifikasi street racing dan elegan JDM serta VIP Style di 2011?

1.Street Racing
Tampilan mobil harian ini tetap menonjolkan aura mobil balap tetapi tetap mengedepankan fungsi sebagai mobil untuk kegiatan harian.

Pada bagian eksterior, bemper ditambahi bodykit bergaya racing serta (tapi tidak wajib) wing belakang.

Cat bagian eksterior menggunakan warna-warna mencolok, namun tidak norak. Penambahan stiker cutting atau sapuan airbrush dengan paduan gambar tertentu juga masih akan digunakan.

Ubahan lainnya terlihat pada lembaran cakram dan kaliper rem, serta pelek diganti dengan gaya racing.

Di bagian interior, lapisan jok dengan gaya ala mobil mobil akan disesuaikan dengan tema atau isu yang berkembang yaitu lingkungan. Warna-wrana mencolok seperti hijau, merah, krem, orange, serta paduan warna-warna pastel akan menjadi pilihan.

Warna itu tidak mudah menyerap panas dan gampang melepas panas di kabin. “Sehingga kerja air conditioner juga ringan, dan konsumsi bahan bakar lebih hemat,” jelas Deni.

Aura mobil balap juga dipancarkan melalui bagian mesin. Mulai dari kabel busi, koil, oil catch tank, dan beberapa peranti lain diganti dengan peranti sama bergaya racing. Bahkan, tak sedikit yang meningkatkan performa mesin dengan porting polish, force induction dengan penambahan turbo atau Nos.

2. VIP Style
Tampilan mobil yang menggunakan aliran ini di 2011 diperkirakan sama seperti sebelumnya. Hanya, bedanya komponen dan aksesori yang digunakan adalah JDM.
Aliran ini akan banyak diadopsi pengusung konsep elegan. Hal itu dicirikan dengan desain eksterior yang tidak ekstrem. Bodykit sederhana, muffler menggunakan bentuk oval, menggunakan air suspension, pelek berkuran besar (biasanya ukuran 19 inci atau lebih), serta bagian interior ditata rapi.

Satu hal lagi, pilihan peranti audio sistem menggunakan jenis Sound Quality (SQ). Hal itu sesuai dengan para pengusung modifikasi ini yang kebanyakan adalah kalangan yang muda yang telah mapan. “Biasanya kalangan eksekutif muda, beda dengan gaya street racing yang biasanya adalah orang muda yang baru bekerja atau mahasiswa,” tutur Deni.

Seperti halnya di aliran street racing, di aliran VIP Style bagian interiornya juga dipengaruhi isu lingkungan. Karena itu warna-warna cerah akan menjadi warna pelapis interior. Misalnya, hijau, merah marun, cokelat muda, pink, serta putih.

3.Tips melakukan modifikasi
Sebelum mengubah dandanan mobil alias memodifikasi mobil kesayangan, sebaiknya memperhatikan beberapa hal berikut:

a. Sesuaikan ubahan itu dengan penggunaan mobil, apalah untuk mendukung kegiatan harian atau hanya untuk pajangan.

b. Utamakan penggunaan produk yang kualitasnya terjamin. Sebab, hal itu sangat berkaitan dengan faktor keamanan dan keselamatan selama Anda berkendara.

c. Bila anggaran atau dana tidak memungkinkan, lebih baik melakukan modifikasi secara bertahap tetapi tetap menggunakan komponen atau aksesoris asli dengan kualitas terjamin. Hal itu demi keamanan dan kenyamanan anda berkendara. “Buat apa mobil bergaya tetapi risiko mengintai kita atau tidak aman dan nyaman,” kata Deni mewanti-wanti.

d. Pilihlah modifikator yang mumpuni. Kualitas mereka bisa dilihat dari jam terbang dan hasil karya mereka selama ini. Anda bisa minta referensi dari para pecinta modifikasi yang tergabung di komunitas.



MOBIL, MODIFIKASI, MOTOR December 29th 2010

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.