Share |

Wuih, Ferrari 430 Bikinan India

Add comments

Ferrari pasti kesal begitu melihat model F430 ini. Pasalnya, sedan sport itu bukan asli melainkan replika bikinan perusahaan Executive Modcar Trendz (EMT) dari negeri Bollywood. Yang bikin aib dan perusahaan kuda jingkrak (mungkin) agak jengkel, berkaitan dengan mesinnya.

Dalam melahirkan Ferrari 430 ini, bodinya menggunakan bahan serat kaca sehingga bobotnya lebih ringan 20% ketimbang pakai aluminium. Proses awalnya, EMT menggambar sketsa yang kemudian diubah menjadi platform digital. Dari sini, bodi lantas digambar ulang agar lekukan sama persis dengan aslinya, baru kemudian dibuatkan versi tanah liat menggunakan mesin milling CNC.

Langkah serupa juga dilakukan untuk interior, diawali dengan sketsa, dipindahkan kedigital dan dibentuk dengan tanah liat. Hasilnya, F430 tampak seperti mainan.

Sudah finishingnya kurang rapi, raungan khas mesin 4,3liter V8 kuda jingkrak tak terdengar. Karena, EMT membekalinya dengan mesin Toyota Corolla 1.794 cc 4 silinder VVT-i dengan tenaga maksimum 125PS pada 6.000 rpm dan torsi 158 Nm di 4.200 rpm.

Replika Ferrari 430 ini dihargai Rp197 juta.



MOBIL, OTO NEWS April 4th 2011

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.