Share |

Meski Minimal, Si Merah Jadi Maksimal

Add comments

Bikeexif

Apa yang baru sebenarnya tidak melulu benar-benar baru. Sepeda motor contohnya. Motor dengan mesin lama hanya diubah catnya, ditambahi sedikit bodi baru, dan perusahaan tinggal meminta pihak agen iklan untuk mengenalkannya kepada calon konsumen sebagai sesuatu yang “baru”. Sayangnya, sosok yang baru pun belum tentu memuaskan.

Hal itulah yang mendasari rumah modifikasi Sanctuary asal Jepang untuk mengubah sebuah motor menjadi sesuatu yang memuaskan. Rumah modifikasi yang dua di antaranya berlokasi di Tokyo dan Yokohama ini sedianya secara khusus memodifikasi motor Kawasaki. Model Zephyr 1100 ini misalnya.

Motor yang kemudian diberi nama RCM-164 tersebut tidak mengalami perubahan besar jika dibandingkan dengan aslinya. Namun, mata dijamin terpancing jika melihat apa yang sudah ditata oleh Sanctuary.

Komposisi adalah hal utama. Oleh karenanya, pertimbangan warna, susunan pipa-pipa knalpot, pemasangan perangkat pendukung performa, hingga ukuran ban dan suspensi pun dipertimbangkan dengan matang.

Tanpa mengubah bodi, Sanctuary menyematkan dengan tepat sekaligus menjaga keserasian dari karburator TMR 36, suspensi depan-belakang dari Öhlins, rem Nissin, hingga paket pendukung performa dari Nitro Racing.

Ban lebar pun dipilih, yaitu Bridgestone BTO23 dengan ukuran 120/70-17 (depan) dan 180/55-17 (belakang). Ini membuat motor sedikit membungkuk, tidak seperti bentuk aslinya yang terlihat datar.

Ubahan minimal tetapi maksimal dan kiranya tak lekang dimakan zaman ini pun membuat motor tersebut dibanderol sekitar 30.000 dollar AS (setara Rp 250 juta). Puas memang biasanya butuh pengorbanan.



MODIFIKASI, MOTOR, Uncategorized July 6th 2011

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.