Share |

“Fiat 124″ Tunggangan Darth Vader

Add comments

Tokoh Darth Vader dalam film Star Wars sepertinya tidak butuh mobil lagi untuk berperang karena fungsinya bakal kalah canggih dari pesawat tempur luar angkasanya. Malah, mobil mungkin membuatnya kalah perang. Namun, seorang modifikator dari Rusia sudah membuatkannya sedan Lada 1200 atau lisensi lain dari Fiat 124. Warnanya hitam “dof”, dan oleh karenanya ia dinamai “Dark Vader”, plesetan “Darth Vader”.

Menyibak bentuk aslinya mungkin susah-susah gampang. Kecuali, kita bisa memastikan bentuk kotaknya yang khas. Rupa dasarnya bagai versi mini dari Chrysler Imperial 1965 dalam film Green Hornet. Pangkas-potong bodi lantas menjadikannya tampil dalam model dua pintu dengan body kit yang menggembung ala mobil balap 1980-an.

Lada “pedas” ini menggunakan velg 18 inci dan tidak lagi diperkuat mesin standar 1.197 cc, tetapi dicomot dari BMW (kurang jelas dari seri apa). Sementara itu, di hidung mobil tak ada lagi gril karena sebuah radiator dilesakkan di depan yang lantas menggantikan pula fungsi gril pada umumnya.

Saat masuk ke kabin, pintu bukan lagi ditarik, melainkan diangkat model “pintu gunting” Lamborghini. Di dalamnya terdapat kursi Recaro dan palang-palang pelindung atau roll bar.

Satu yang menarik di kabin, si modifikator coba-coba membuat layar pantul ala teknologi head-up display (HUD) dengan memasangkan sebuah spidometer digital yang terarah ke lapisan pemantul di kaca depan. Tak ketinggalan, sejumlah saklar yang berderet mirip perangkat kabin helikopter atau pesawat.

Mau “terbang”? Mudah-mudahan tidak karena sayap belakang yang besar agaknya membuat fungsi down force makin mantap.



MOBIL, OTO NEWS August 12th 2011

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.