Share |

Virus Modifikasi IDM Mewabah

Add comments

detail berita
Ajang kontes modifikasi Honda Oto Contest Series (HOCS) 2011 yang berlangsung kemarin banyak mengundang decak kagum. Pasalnya berbagai macam model sepeda motor Honda mulai dari model lawas hingga yang terbaru berkumpul dengan balutan modifikasi yang unik serta menarik.

Salah satu gaya modifikasi yang sedang booming adalah IDM alias Indonesian Domestic Market. Hadirnya virus IDM ini terinspirasi gaya modifikasi JDM atau Japannese Domestic Market. Menariknya gaya IDM, para modifikator harus memiliki kreatifitas tinggi dan ide brilian untuk membuat sebuah konsep motor yang memiliki ciri khas suatu daerah tertentu di Indonesia.

“Sengaja kita buat konsep modifikasi seperti ini. Biar gaya modifikasi kita punya ciri khas, gak ikutin Jepang terus. Para peserta masih boleh memakai lima aksesoris mobil JDM selebihnya harus menceminkan ciri khas Indonesia,” jelas Robby Wahyudi, Juri HOCS 2011 saat dijumpai Okezone.

Salah satu contohnya modifikasi IDM adalah skutik Honda BeAt berkelir putih dalam gambar diatas. Konsep IDM yang ingin ditampilkan adalah salah satu tempat wisata di Jakarta, Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Di tameng depan terdapat stiker TMII dan salah satu wahana air disana. Selain itu desain batik disematkan di bodi samping dan jok agar ciri khas Indonesia semakin kuat.

Dalam kontes yang berlangsung di pelataran parkir ITC Cempaka Mas tersebut tampak beberapa motor mulai mengaplikasikan gaya IDM. Ada yang menampilkan konsep Ancol dengan berbagai stiker wahana dan ikon tempat wisata di bagian Utara kota Jakarta tersebut. Ada pula yang menampilkan stiker-stiker tempat wisata Jakarta seperti Monas dan kendaraan khas Jakarta seperti Bajaj. Inti dari gaya modifikasi ini adalah memperkenalkan ciri khas kota setiap daerah di Idonesia.



MODIFIKASI, MOTOR, OTO NEWS October 24th 2011

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.