Share |

Modifikasi Suzuki Hayabusa Bermesin Jet F14

Add comments

Bagi penggemar sepeda motor, tentu pernah mendengar nama Hayabusa, salah satu ikon Suzuki. Tapi, tahukan Anda, Hayabusa merupakan sepeda motor terboros di dunia? Hal ini dibuktikan oleh Tony Pandolfo, 54, asal Orlando, Florida, AS yang memodifikasi sepeda motornya menggunakan mesin jet pesawat terbang.

Pria paruh baya ini berusaha mewujudkan impiannya, yaitu membuat, sepeda motor bermesin AlliedSignal jet fuel starter (JFS), sama seperti yang digunakan pada pesawat tempur F14 lama milik Angkatan Udara AS. Hasilnya, torsi sepeda motor ini “meledak” sampai 406,28 Nm, sama dengan Nissan Nevara atau mesin keluaran terbaru BMW 320D. Sangat besar untuk sepeda motor!

Karena mesin diganti, hal yang sama juga harus dilakukan untuk bahan bakarnya. Untuk itu harus menggunakan kerosin (minyak tanah)  dengan suhu penguapan lebih tinggi (di atas bensin). Akibatnya, sepeda motor ini jadi sangat “rakus”, konsumi rata-rata bahan bakarnya, 2,1 kpl.

Tony – seorang insinyur -harus memodifikasi turbin jet agar tenaga yang dihasilkan tidak maksimal. “Saya sangat memimpikan sepeda motor bertenaga jet. Suaranya mirip pesawat terbang, bisa dikendarai siapa saja, tenaganya juga tidak perlu besar,”  bebernya. dilansir akhir pekan lalu.

Dijelaskan, Hayabusa ini tetap mudah dikendarai. “Semua orang yang bisa mengendarai skuter, dapat melakukannya karena  menggunakan transmisi otomatis,” lanjut Tony.

Suzuki Hayabusa bermesin jet ini ternyata juga siap dilego oleh Tony dengan harga  60.000 dollar AS atau setara Rp 539,4 juta, tidak termasuk biaya kirim.

Spesifikasi Hayabusa Jet
Mesin : AlliedSignal jet fuel starter (also known as an auxiliary power unit or APU), used in early-model F-14s and A-10s
Torsi : 406,28 Nm
Bobot : 181,4 kg (bersih)
Bahan bakar : K2 Kerosene atau jet A
Kapasitas tabngki bahan bakar: 18,9 liter
Konsumsi Bahan bakar : 2,1 kpl
Rem: cakram ganda (belakang)
Transmisi : Otomatis
Lampu : LED (lampu utama dan belakang)



MODIFIKASI, MOTOR March 1st 2012

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.