Share |

Modifikasi Honda CBR250R with Police Style

Add comments

Beberapa kendaraan unik untuk kepolisian dipajang di International Security Expo 2013 di Pragati Maidan, New Delhi. Salah satu yang patut diberi perhatian adalah Honda CBR250R yang dimodifikasi sedemikan rupa menjadi tunggangan polisi.

”Reinkarnasi” line up 250cc Honda karya IJS Electronics yang berbasis di Okhla, India itu mengalami perombakan hampir di semua bagian. Motif dan warna kendaraan masih mengadopsi warna asli, yakni putih, merah, dan biru. Bedanya, terdapat stiker bertuliskan ”Police” pada fairing, tangki, hingga buritan.

Perubahan paling siginifikan adalah dalam penambahan aksesori. Lampu depan motor ini sudah pakai LED. Kerlip cahaya merah dan biru dari LED khas Polisi ada di bagian depan dan belakang. Khusus di buritan dipasang lampu sirine. Komponen ”walkie-talkie” tersemat pada setang, lengkap dengan megafon. Boks serbaguna ada di kanan-kiri untuk meletakkan barang bawaan polisi.

Monty Singh dari Grand IJS Electronics mengatakan kepada Indiansautoblog bahwa pihaknya menginstal peranti atraktif untuk membuat prorotipe ini. ”Kami mampu membangun 50 sepeda motor seperti ini dalam satu bulan jika ada pesanan,” ujarnya.

Dijelaskan, untuk mempermudah pengoperasian lampu, tombol untuk menghidupkan dan mematikan lampu diletakkan bersebelahan dengan tombol engine stop. Lalu mikrofon dipasang terintegrasi dengan helm khusus untuk alasan keamanan dan kenyamanan.

Secara teknis, tidak ada yang berubah. Mesin masih sama, 250cc yang bisa memproduksi tenaga 26 PS dan torsi 23 Nm, berpasangan dengan girboks enam percepatan. Jika meluncur di jalanan, sepeda motor ini akan menjadi tunggangan polisi tercepat di India.



MODIFIKASI, MOTOR October 7th 2013

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.